TIPS JITU MENGHADAPI UJIAN ATAU TEST LAINNYA...

.

Pada postingan kali ini dirasa perlu berbagi tips, atau resep, atau petuah, atau wejangan, atau apalah namanya, kepada pelajar dan mahasiswa  yang akan menempuh Ulangan, Midle Tes, Ujian, Final Test, Atau juga untuk mengikuti Test-test lainnya supaya bisa berhasil sebagaimana diharapkan.  Karena selama ini kebanyakan dari kita hanya mengandalkan salah satu saja cara tuk menggapai sebuah keberhasilan.

Berikut, apa saja butiran tips dimaksud, silakan.....

1. Rajin Melaksanakan Ikhtiar Bathin;

a. Artinya; sejak sekarang para siswa yang mau ujian nasional atau bagi mahasiswa yang mau final test harus rajin ibadah, jangan tinggalkan sholat lima waktu, sholat tahajud, sering-sering berdo'ar kepada tuhan, rajin bersedekah, dan apabila saat ujian atau final test  (atau mungkin juga ikut test CPNS)  kian dekat waktunya, jangan lupa sholat hajat yang dilaksanakan berkali-kali. Mintalah petunjuk, bimbingan, pertolongan kepada Allah dengan tulus ikhlas dan berserah diri kepadanya supaya diberikan atau diilhami penguatan daya ingat, dibuka pikiran dan hati dalam memahami materi soal dan menemukan jawaban, Insya Allah terkabul hajatnya.

b. Sering-sering mewiridkan "Hasbunallahu Wani'mal Wakil" atau dapat pula dilengkapi dengan "Laa Hauwla Wala Quwwata Illa Billahil 'Aliyyil 'Aziim" setiap hari sebanyak-banyaknya.

c. Banyak-banyak membaca sholawat kepada nabi, lebih-lebih di saat menjawab butir- demi butir soal, Insya Allah diberi kemudahan dalam menjawab dan diilhami dengan munculnya ingatan, hapalan, dan pemahaman.

d. Disaat mau berangkat ujian ke sekolah atau mau ke kampus wajib berpamitan kepada Ibu-Bapa, Cium tangan beliau-beliau, plus minta do'a restu kepada mereka. (bagi yang orang tuanya sdh meninggal, maka ziarahilah kubur mereka. Doakan orang tua kita tuk dapat ampunan dari Allah SWT dan diberi kelapangan bagi mereka di alam kubur)

2. Melakukan ikhtiar Lahir;

a. Rajin dan giat belajar; baik dalam bentuk membaca buku secara mandiri di rumah, minta bantuan saudara, orang tua, atau belajar berkelompok dengan teman.

b. (bagi mahasiswa) Jangan segan-segan mengakrabkan diri dengan dosen, lakukan diskusi ringan dengan beliau-beliau baik saat berlangsungnya kegiatan perkuliahan maupun di luar itu. Serta sering2lah mengunjungi library tuk menambah perbendaharaan ilmu.

c. ( Bagi siswa ) Sering-sering latihan menjawab soal-soal, baik itu soal ujian tahun lalu maupun soal-soal try aout yang dibuat oleh banyak perguruan tinggi untuk latihan siswa.

d. ( Bagi siswa ) Memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap materi pelajaran. Kalau tidak tahu atau tidak mengerti, tanyakan kepada guru mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap materi pelajaran, supaya buku yang dipelajari, di telaah, temanya tepat sasaran dengan soal-soal ujian.

Nah, sekiranya semua itu dilaksanakan, diterapkan, Insya Allah ujiannya atau final test, atau test apa saja  berpeluang besar akan berhasil. Tapi ingat, sayaratnya harus tulus dan ikhlas dalam mengamalkan resep ini.  Jangan sampai lupa itu, Sebab kalau hatinya terpaksa, atau niatnya bercampur dengan hal lain, maka sia-sia lah resep sebagaimana point satu di atas.

Selamat berjuang, moga sukses !!! 

 
BAMARA ON CU AI